Home / Berita / Kunjungi BLK Banyuwangi, Komisi IX DPR RI : Tingkatkan Kualitas SDM di Kabupaten Banyuwangi

Kunjungi BLK Banyuwangi, Komisi IX DPR RI : Tingkatkan Kualitas SDM di Kabupaten Banyuwangi

 

Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI di BLK Banyuwangi

Rombongan Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik (kunspek) masa persidangan pertama tahun 2019-2020 di BLK Banyuwangi pada Jumat 22/11/2019.

Kunspek ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan terkait program pemerintah di bidang ketenagakerjaan: pelaksanaan fungsi dari Balai Latihan Kerja (BLK) dalam upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan kerja melalui pelatihan vokasi khususnya di Kabupaten Banyuwangi.

Dalam kunspek ini, komisi IX DPR RI menggelar pertemuan dengan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi, Anggota DPRD Banyuwangi dan perwakilan serikat buruh. Pada pertemuan itu, dilaksanakan pembahasan mengenai penyelenggaraan program pelatihan di BLK Banyuwangi untuk menghasilkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu, kehadiran BLK di Kabupaten Banyuwangi untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah guna mendukung prioritas pengembangan pembangunan di sektor pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Direktur Jenderal Binalattas, Ketua Komisi IX DPR RI, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan

Pada tahun 2019, Balai Latihan Kerja Banyuwangi telah memiliki empat kejuruan pelatihan processing, garmen apparel, otomotif dan Teknologi Informasi Komunikasi dan telah melaksanakan pelatihan kepada 256 peserta. Rencana kegiatan pada tahun 2020, BLK Banyuwangi akan memberikan pelatihan kepada 656 peserta dengan menambah 2 kejuruan baru yaitu las dan pariwisata.

Rombongan kunspek ini terdiri dari ketua rombongan yang juga ketua komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene (F-PNasDem/Sulut); Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, yakni Sri Rahayu (F-PDIP/Jatim VI), Emanuel Melkiades Laka Lena (F-PG/NTT II), dan Ansory Siregar (F-PKS/Sumut III); kemudian Anggota Komisi IX DPR IX DPR RI Putih Sari (F-Gerindra/Jabar VII), Ratu Ngadu Bonu Wulla (F-NasDem/NTT II), Anggia Erma Rini (PKB/Jatim VI), Aliyah Mustika Ilham (F-PD/Sulsel I), Kurniasih Mufidayanti (F-PKS/DKI Jakarta II), Intan Fauzi (F-PAN/Jabar VI), dan Anas Thahir (F-PPP/Jatim III).

Setelah melaksanakan pertemuan, kemudian rombongan melanjutkan dengan kunjungan untuk meninjau sarana dan prasarana pelatihan di BLK Banyuwangi. (MKA/Par)

Leave a Reply